Menjadi narasumber: Bupati Pesawaran Kenalkan Program Inovasi 'GADIS' di ajang Indonesia Development Forum (IDF)

Bupati Pesawaran Kenalkan Program Inovasi GADIS di Indonesia Development Forum (IDF)

Jakarta. Selasa (10/7/2018). Program Inovasi Gerakan Desa Ikut Sejahtera (GADIS) Kabupaten Pesawaran dikenalkan pada Indonesia Development Forum (IDF) oleh H. Dendi Ramadhona,S.T., Bupati Kabupaten Pesawaran Provinsi Lampung, menjadi Narasumber pada acara Indonesia Development Forum (IDF) 2018, di Hotel Ritz Chorlton Jakarta.

Bupati Pesawaran adalah 1 dari 43 Bupati seluruh Indonesia yang diminta menjadi narasumber guna dapat menciptakan bagaimana inovasi daerah yang telah dilakukan. Selain Kabupaten Pesawaran Provinsi Lampung dua daerah lainnya yang diundang menjadi narasumber adalah Bupati Pangkep Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) dan Bupati Lombok Utara Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Pada kesempatan tersebut, Bupati Pesawaran memaparkan program inovasi daerah yang telah dilakukan dikabupaten pesawaran dalam rangka perkuatan permodalan BUMDES melalui program Gerakan Desa Ikut Sejahtera (GADIS) yang mendapat apresiasi peserta Forum

Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona ST, mengatakan, program ini adalah inovasi sebagai pemberian reward atau penghargaan kepada Desa berprestasi sehingga mendapat Program GADIS. Oleh Karena itu, tidak sembarang desa yang dapat menerima bantuan keuangan program Desa maju. Beragam kriteria harus dapat dipenuhi oleh Desa yang akan memperoleh program GADIS, seperti : Tertib Administrasi Desa, Lunas PBB, berjalannya Siskamling, Inovasi PKK, dan terutama adalah Dokumen Perencanaan Usaha BUMDesa

Sebagai program yang ditekankan untuk penguatan BUMDesa, bantuan dana GADIS yang berjumlah Rp100 juta rupiah untuk setiap Desa tersebut, merupakan komponen pembiayaan dalam struktur Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDesa).