Sosialisasi Website Open Journal System (OJS) Kabupaten Pesawaran

Pesawaran, Kamis (29 Agustus 2019). Sosialisasi website Open Journal System (OJS) Kabupaten Pesawaran yang telah dikembangkan oleh Balitbangda. Sosialisasi ini dipimpin oleh Sekretaris Balitbangda, Rento Rega Putra, S.IP. Kegiatan ini dihadiri oleh Dinas Pendidikan, Perwakilan Guru dan Pengawas di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Pesawaran.

Pada kesempatan tersebut, Balitbangda mengenalkan website jurnal Balitbangda yang telah dikembangkan yaitu Jurnal Inovasi Andan Jejama di jurnal.balitbang.pesawaran.info. Narasumber (Analianasari, S.TP, M.T.A) dari Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Politeknik Negeri Lampung menyampaikan 3 materi, yaitu tips dan strategi penulisan karya ilmiah, pengiriman naskah pada OJS, dan penggunaan referensi Mendeley dalam penulisan karya ilmiah. Balitbangda mengharapkan agar guru dan pengawas berpartisipasi aktif mengirimkan karya ilmiah yang mereka tulis berdasarkan Laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ke jurnal Balitbangda.

Rapat Pembahasan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Pesawaran

Pesawaran, Rabu (26 Juni 2019). Rapat pembahasan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Pesawaran dilaksanakan oleh Dewan Riset Daerah (DRD) Kabupaten Pesawaran di ruang rapat Badan Pendapatan Daerah. Rapat dihadiri oleh tim Badan Pendapatan Daerah dan anggota DRD.
Pada kesempatan tersebut, Bapenda menyampaikan pengelolaan pajak di Kabupaten Pesawaran, penetapan target PAD tahun 2018 dan 2019 serta realisasi capaian PAD tahun yang sama. Penetapan target PAD berdasarkan 3 (tiga) aspek, yaitu 1) proyeksi dari OPD pengelola pajak dengan memperhatikan peraturan yang berlaku; 2) pertumbuhan ekonomi daerah; dan 3) data realisasi OPD. DRD memberikan rekomendasi sebagai berikut: 1) agar dilakukan verifikasi bukti setor secara permanen terhadap retribusi dan pajak sebelum dilakukan pembukuan;  2) membuat grafik trend pajak tahunan; 3) membentuk Tim Pengelola Data Pajak; 4) menghitung tingkat kepatuhan pajak dan melakukan usaha-usaha untuk meningkatkan kepatuhan pajak; dan 5) mengadakan lokakarya penetapan target PAD.