Pembahasan perancangan kerangka kerja optimalisasi Sistem Informasi Desa Pemerintah Daerah Kabupaten Pesawaran

Rapat koordinasi, monitoring, evaluasi dan perancangan kerangka kerja optimalisasi Sistem Informasi Desa Pemerintah Daerah Kabupaten Pesawaran

Pesawaran. Rabu (05/09/2019). Rapat pembahasan perancangan kerangka kerja optimalisasi sistem informasi desa yang telah dikembangkan OPD Sekretariat Pemerintah Desa. Kegiatan ini dihadiri oleh Sekretariat Pemerintah Desa, Diskominfo, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Asisten II, Balitbangda, dan Dewan Riset Daerah.

Pada kesempatan tersebut, OPD Sekretariat Pemerintahan Desa memberikan laporan dan informasi menyeluruh tentang Sistem Informasi Desa (SIMDES) yang telah dikembangkan, diimplementasikan, dimanfaatkan dan digunakan untuk tujuan: 1). Untuk penguatan pengawasan pembangunan desa, dengan adanya Sistem Informasi Desa yang terbuka bagi publik maka pengawasan pembangunan desa akan semakin jelas dan tepat sasaran. 2). Untuk penguatan pemetaan kondisi dan potensi desa, dengan adanya Sistem Informasi Desa kondisi dan sektor-sektor yang menjadi potensi unggulan desa dapat didokumentasikan dan dikedepankan dengan baik. 3). Untuk penguatan kualitas pelayanan publik desa, dengan adanya Sistem Informasi Desa, data-data dan dokumen surat menyurat untuk pelayanan publik desa  akan lebih akurat dan cepat didapat, sehingga kualitas pelayanan publik desa meningkat.

Melihat manfaat data dan informasi yang berasal dari SIMDES sangat besar bagi Pemerintah Daerah Kabupaten Pesawaran, DRD memerlukan laporan dan informasi yang valid dan lengkap tentang arsitektur sistem, mekanisme, SOP dan kendala/permasalahan yang muncul. Kemudian hasil diskusi akan ditindaklanjuti dengan melakukan observasi, pengumpulan data dan informasi sebagai bahan analisis dan desain kerangka kerja untuk membantu mengoptimalkan fungsi dan manfaat layanan SIMDES.